Foto: Keindahan kawasan danau batur.

Bangli

Anggota DPRD Kabupaten Bangli dari Partai NasDem Ketut Guna mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli yang tahun ini melaksanakan kegiatan fisik berupa pembangunan jalan setapak berbahan kayu (boardwalk) di pinggir Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Kegiatan sudah masuk tahap tender pada Layanan Pengadaan Secara Elektonik (LPSE) Setda Bangli. Pembangunan boardwalk dalam rangka meningkatkan kualitas dan ragam destinasi wisata di Bangli.

“Kita dukung penuh upaya penataan di kawasan Danau Batur selain untuk masyarakat juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Batur,” kata Ketut Guna.

Sebelumnya Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli Gede Budiastawa mengatakan untuk menunjang pengembangan aktivitas pariwisata di sekitar Danau Batur, pemerintah daerah akan mengembangkan destinasi wisata dengan membuat jalan setapak di pinggiran  Danau Batur, tepatnya di sekitar Pura Jati, Desa Adat Batur. 

Adapun tujuan dan sasaran dari kegiatan fisik ini yakni untuk meningkatkan kualitas dan ragam destinasi wisata di Bangli. Dampaknya nanti dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan baik wisatawan asing mapun domestik. Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat tentu akan bisa meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Bangli.

Pembangunan jalan setapak tersebut menggunakan dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2004 sebesar Rp 3,9 miliar. Kegiatan sudah masuk pada tahap pengumumam pascakualifikasi pada LPSE Setda Bangli.

Sementara itu, pekerjaan dalam kegiatan ini mulai berupa pengerjaan pondasi, pengerjaan besi dan alumunium dan pengerjaan struktur apung hingga pengerjaan kayu untuk lantai. Dalam kegiatan ini juga dibanguan 1 unit gazebo dan pekerjaan uruf tinbul dan logo acrilik.

Ketut Guna berharap proses pengadaan bisa berjalan dengan lancar, sehingga pada pertengahan bulan Juli kegiatan sudah bisa dikerjakan. “Kita harapkan program ini tidak ada kendala. Dan setelah dibangun, kita harapkan masyarakat setempat juga ikut memelihara dan juga mengembangkan potensi pariwisata maupun pertanian di sekitarnya,” pungkas Ketut Guna.

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *